Cara Mencari Rejeki & Merubah Nasib Dijaman Yang Sulit Seperti Saat ini

Cara Mencari Rejeki & Merubah Nasib Dijaman Yang Sulit Seperti Saat ini
April 2, 2020 No Comments Bisnis & Usaha Support Upgradediri.Com

Banyak orang yang bingung dengan bagaimana mereka bisa mendapatkan rejeki disaat kondisi seperti ini. Banyak usaha yang sepi dan omsetpun turun bagaikan terjun dari tebing. Dan yang lebih pusing lagi adalah mereka yang pekerja harian ataupun yang biasa ngobyek kelilingan setiap harinya jadi tak berdaya dan akhirnya sebagian tetap memaksakan diri untuk keluar mencari nafkah yang pada kenyataannya pun tetap belum pasti hasilnya.

Islam telah mengajarkan banyak hal, termasuk bagaimana caranya menghadapi situasi ketika ada wabah disuatu wilayah maupun ketika wabah berada didalam wilayah tempat kita tinggal.

Apabila wabah ada disuatu tempat, maka hindari dan jangan masuk ketempat tersebut walaupun mungkin disana ada sumber rejeki untuk kita. Begitupun sebaliknya jika wabah tersebut ternyata ada diwilayah kita sendiri, maka berdiamlah dirumah dan sebisa mungkin menghindari untuk berpergian keluar jika tidak benar-benar penting.

Karena prinsipnya Islam lebih mengutamakan menghindari keburukkan atau potensi kemudhorotan ketimbang mengambil keuntungan ataupun manfaat.

Takdir

Dalam ajaran Islam, kita memiliki Rukun Iman yang wajib diyakini bahwa segala sesuatu telah ditakdirkan dan ditetapkan urusannya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala didalam Lauhul Mahfudz, yaitu seperti kitab besar yang isinya secara detail telah ditulis secara rinci segala sesuatunya yang terjadi didunia ini tanpa ada satupun yang dapat luput terjadi tanpa seizin dan sepengetahuan Allah, dan isi ketetapan tersebut tidak akan dapat dirubah oleh siapapun walau barang satu hurufpun.

Lalu bagaimana dengan bunyi dalil-dalil yang mengatakan bahwa takdir itu dapat dirubah dengan doa, apakah bukannya hal tersebut bertabrakan dengan ketetapan di Lauhul Mahfudz?

Jual Beli Dengan Allah

Setelah Allah menuliskan segala isi takdir didunia ini 50,000 tahun sebelum bumi diciptakan (didalam Lauhul Mahfudz), Allah juga memerintahkan para Malaikat untuk mencatat (dalam catatan Malaikat) setiap manusia akan rejekinya, jodohnya, kematiannya hingga senang atau susah kehidupannya nanti, ketika manusia tersebut masih didalam kandungan ibunya.

Maka catatan Malaikat inilah yang dapat dirubah isinya layaknya seorang manusia bertransaksi jual beli dengan Allah. Sebagai contoh apabila manusia telah dicatat oleh catatan Malaikat bahwa rejekinya (total selama hidup) adalah 3 Milyar, jodohnya adalah si fulan dan umurnya habis diusia 55 tahun. Namun ketika orang tersebut hidup, ternyata ia rajin beramal shaleh dan selalu berdoa memohon kebaikan, rejeki yang ditambahkan dan dipanjangkan usianya, maka disinilah terjadi transaksi jual-beli dan tawar menawar dengan Allah dengan sebab amalan manusia tersebut.

Apabila Allah ridho dengan amalan-amalan serta mengijabah doa-doanya, maka Allah akan memerintahkan MalaikatNya untuk merubah catatannya menjadi semisal total rejekinya ditambah menjadi 10 Milyar, usianya diperpanjang hingga 62 tahun dan diisi dengan banyak kebaikkan didalamnya. Dan transaksi itu semua ternyata sudah tercatat detail akan terjadi didalam kitab besar Allah (Lauhul Mahfudz).

Oleh sebab itu, disaat kondisi sedang ada musibah seperti ini, maka perbanyaklah bertransaksi dengan Allah agar rejeki maupun usia kita bisa ditambahkan serta dipanjangkan sehingga apa yang telah Malaikat catat diawal kita lahir, dapat berubah dengan banyak kebaikan didalamnya.

Amalan-Amalan

Berikut adalah amalan-amalan untuk menambah dan memudahkan rejeki buat kita beserta beberapa doa-doa shahih yang dapat kita amalkan. Dan mungkin ada beberapa cara yang saya beri tanda silang adalah amalan-amalan yang mungkin saat ini tidak dapat kita lakukan, namun tetap penting untuk diketahui agar insyaAllah dapat kita amalkan pula nanti setelah wabah ini telah sirna diangkat oleh Allah Azza wa jalla.

1. Perbanyaklah beristigfar atau mininal 100x setiap pagi & petang

2. Menjalin silaturahim ❌ (dapat dilakukan dengan telp atau WA)

3. Memperbanyak sedekah (tidak dilihat nominalnya namun niatnya)

4. Bertaqwa kepada Allah dan berprasangka baik

5. Melakukan Haji & Umrah ❌

6. Memperbanyak doa meminta rejeki

Nabi biasa membaca doa berikut ini setelah sholat shubuh:

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Atau doa shahih lainnya yang mungkin dapat dibaca SETIAP kita sujud dalam sholat:

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Dan sebagai penjagaan dari rusaknya amal kita adalah hindari perbuatan syirik serta memakan rejeki yang haram semisal dari menipu, memakan riba dllnya. Serta teruslah berulang-ulang memanjatkan doa ini disetiap waktu sholat kita, karena disana Allah akan menguji dan menilai seberapa butuhnya kita atas pertolongNya.

Dan berikut saya sampaikan pula amalan-amalan (keyakinan) yang SALAH yang disangka dapat menambah rejeki, namun secara faktanya sama sekali tidak pernah diajarkan dalam Islam, seperti keyakinan:

1. Sholat dhuha penambah rejeki
2. Membaca surat al Waqiah untuk rejeki

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimakah cara ikhtiar kita untuk mencari rejeki sedangkan kita tidak bisa keluar dari rumah?

Saran saya, mulailah manfaatkan internet untuk dijadikan alat bisnis kita. Pelajarilah cara-cara bisnis online ataupun bisnis distributor yang dapat Anda jalankan secara online. Lalu persiapkanlah semua mulai dari pemasaran menggunakan social media, whatsapp dan atau email marketing. Dan bergabunglah dengan banyak grup-grup Whatsapp, Facebook dan menjalin pertemanan dengan para anggotanya.

Dan bagi yang mungkin tidak terlalu menyukai atau masih agak gagap dengan tehnologi Internet, saya bisa sarankan anda untuk bekerjasama dengan orang yang ahli dibidang tersebut untuk membantu anda.

Semisal anda ternyata pandai memasak, maka belanjalah secara online dan kemudian pasarkan pula secara online dengan bantuan seorang digital marketer. Seorang pemula atau asal dia bisa menggunakan social media saja mungkin sudah cukup.

Atau anda punya suatu ilmu yang mungkin bisa bermanfaat untuk orang banyak, maka buatlah kursus-kursus online dengan memanfaatkan media whatsapp dan youtube.

Intinya, mari jeli membaca peluang usaha dan jangan takut untuk pindah profesi atau mengganti bisnis anda serta memulai usaha baru sementara masa memang sedang sulit seperti ini.

Namun bagi Anda yang WFH (bekerja dari rumah), maka Anda bisa siasati segala sesuatunya dengan menggunakan sistem kerja remote dan memanfaatkan tools meeting online seperti Zoom, sharing office dan atau membuat pengarahan melalui Webinar.

Demikian dan semoga dapat bermanfaat buat banyak orang…, terimakasih.

Tags

Leave a reply