Pentingnya Public Speaking

Pentingnya Public Speaking
January 8, 2020 No Comments Artikel,Public Speaking Support Upgradediri.Com

Kemampuan berbicara di depan umum tidaklah dimiliki setiap orang, karena kemampuan ini berkaitan erat dengan cita pribadi. Biasanya, orang yang memiliki kemampuan ini sering disebut dengan “pemimpin”. Kemampuan berbicara di depan umum dapat dimliki karena adanya bakat alam (sering disebut “dilahirkan”), dengan menjalani pelatihan, atau seseorang spontan muncul dalam situasi darurat (bersifat sementara).

Seperti dikemukakan oleh ir. Kriswanto Widiawan berbicara di depan public (umum) merupakan suatu kemampuan yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Artinya , tidak semua orang bisa tampil berbicara di depan buplik dengan baik. Banyak di antara mereka yang justru ketika tampil di depan public menjadi grogi, gugup, takut, cemas, berkeringat, gemetar, dan lain-lain. Akibatnya, apa yang disampaikannya pun tidak jelas, suara samar-samar, dan presentasinya membosankan. Inilah yang ditakuti oleh banyak orang ketika akan berbicara di depan public.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda menjadi pintar berbicara di depan public? Atau, dengan pertanyaan lain, bagaimanakah cara mengatasi grogi, takut, cemas, berkeringat, gemetar, dan sebagainya saat tampil di depan public? Nah, untuk mengetahui jawabannya, Anda mesti bersabar dulu, sebab, sebelum saya menyajikan tentang cara atau tips pintar berbicara cerdas di depan public. Mengapa Anda harus berbicara di depan public? Apa itu public speaking? Seberapa pentingkah berbicara di depan public? Apa tujuan berbicara di depan public itu? Dan, seberapa sulitkah berbicara di depan public itu?

Pengenalan seputar pentingnya berbicara di depan public (public speaking) ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Dengan mengetahui arti penting, definisi, hakikat, dan tujuan public speaking, anda akan semakin mudah mempelajari cara berbicara cerdas di depan public. Untuk itu, simaklah uraian detailnya berikut ini.

A. Apa yang Dimaksud Dengan Public Speaking?

Sebenarnya, tak perlu ditanyakan lagi mengapa Anda harus berbicara di depan public. Sebab, berbicara itu sudah menjadi kebutusan semua orang. Entah disadari atau tidak, Anda tidak bisa lepas dari yang namanya berkomunikasi. Kita hidup di dunia ini tidak sendirian, tetapi bersinggung dan bersinergi dengan orang lain. Oleh karena itulah menuasia disebut sebgai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial maka kebutuhan berbicara tak bisa di hindari.

Berbicara sudah menjadi kebutuhan, baik tuntunan profesi maupun aktivitas keseharian sebagai manusia bersosial. Karena tulisan saja tidak cukup kuat untuk menjelaskan kata-kata, maka kemampuan berbicara menjadi sangat penting, karena ia dapat menguatkan makna dari sebuah tulisan sederhana.

Berbicara tidak harus di depan orang banyak, dua orang saja sudah cukup untuk melakukan pembicaraan. Saat Anda mengobrol dengan teman, maka Anda dapat dikatakan sudah melakukan  komunikasi (berbicara). Semua orang bisa berbicara, tentu dalam konteks berbicara secara pribadi anatara Anda dengan lawan bicara. Akan tetapi, apakah semua orang bisa berbicara di depan public? Tidak, hanya orang tertentu dan terlatih saja yang dapat melakukannya. Mengapa? Sebab, berbicara di depan public atau hadapan orang banyak membutuhkan suatu      kemampuan atau teknik khusus, yakni teknik public speaking.

  • 1. Pengertian Public Speaking?
  •  
  • Kita memang perlu untuk mengetahui pengertian dari keterampilan berbicara secara menyeluruh. Mengenai hal ini, ada beberapa sumber yang menjelaskan secara berbeda, namun pada hakikatnya sama. Beberapa penjelasan tersebut di antaranya sebagai berikut:
  •  

a. Menurut Webster’s Third New International Dictionary, public speaking adalah:

  • 1. The act of process of making speeches in public (proses pembuatan pembicaraan di depan public),
  •  
  • 2. The art of science of effective oral communication with an audience 9sebuah seni ilmu pengetahuan tentang komunikasi lisan yang efektif dengan para pendengarnya).
  •  
  • b. Menurut David Zarefsky dalam Public Speaking Strategic for success, public speaking is a continuous communication process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners (public speaking adalah sebuah proses komunikasi yang berkelanjutan, di mana pesan dan lambing bersirkulasi ulang secara terus menerus antara pembicara dan para pendengarnya.
  •  
  • c. Menurut Ys.Gunadi dalam Himpunan istilah komunikasi public speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang sesuatu hal atau topic di hadapan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan, serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu tentang suatu tempat. Karena sifatnya yang dinamis, maka public speaking juga dapat diartikan sebagai sebuah aktivitas yang sangat dekat denga asosiasi kata perubahan (change). Melalui public speaking, kita dapat mengetahui pola pemikiran dari seseorang, mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. Kita juga dapat mengetahui perubahan yang digagas atau direncanakan oleh seseorang.
  •  
  • d. Public speaking merupakan sebuah rumpun keluarga ilmu komunikasi (retorika) yang mencakup berdiskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC dan presenter, serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan public, kelompok, maupun perorangan yang perlu menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat.
  •  
  • e. Master public speaking, Tantowi Yahya dan Tubagus Wahyudi, mengatakan suatu rangkaian teknik yang dilatih, dipraktikan, dan dimanfaatkan untuk berbicara di depan umum. Secara luas, teknik ini mencakup semua aktivitas berbicara di depan orang lain, seperti rapat, presentasi, ceramah, pidato, membawakan acara, diskusi, bahkan mengajar. Bermodal teknik berbicara di depan umum (public speaking) yang benar, berbicara dapat memberi manfaat yang konkret, yaitu memotivasi orang lain, mencapai saling pengertian, meraih kesepakatan, meningkatkan karier, bahkan mempunyai andil besar dalam meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan bisnis. Dengan teknik public speaking yang benar, Anda akan mendapatkan lebih banyak kesuksesan dalam yang Anda geluti.
  •  

Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa public speaking atau berbicara di depan public adalah seni berbicara di depan umum tentang suatu hal/topic secara lisan, dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi. Sedangkan, secara umum, pengertian public speaking adalah kemampuan berbicara di depan umum. Kemampuan berbicara di depan umum ini lebih merupakan keterampilan, sehingga lebih banyak ditentukan berdasar latihan, pengalan, dan praktik. Kemampuan membaca dan teori hanya sebagai penunjang. Namun begitu, pengetahuan teori yang baik akan mempercepat dan menunjang penguasaan public speaking dengan baik, sehingga penguasaan teori tetap penting.

Kemampuan public speaking seyogyanya dimiliki oleh orang lain, misalnya seorang kepala devisi, mandor, kepala seksi, anggota partai, pengurus RT, atau apa pun profesinya yang mengharuskan berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan penyampaian secara verbal (bicara) lebih diutamakan dalam hal penguasaan materi public speaking. Dengan kata lain, orang yang akan memimpin sebuah komunitas, seberapa pun kecilnya komunitas itu, sebaiknya ia paham dan menguasai ilmu public speaking dengan baik. Sebab, hal ini sangat erat hubungannya dengan penyampaian informasi, menjelaskan, menguraikan, dan mempengaruhi, terlebih saat berpidato menyampaikan gagasan.

Lihatlah Obama, yang kita kenal sebagai berkulit hitam pertama yang bisa menguasai Negeri Paman Sam. Ia termasuk orang yang pandai berbicara. Pandai berbicara bukan dalam arti banyak omong, melainkan mampu mengolah kata-kata sedemikian rupa, sehingga apa yang disampaikannya dapat menguasai aam bawah sadar pendengar, mampu mengubah pola piker mereka, dan kemudian mempengaruhinya untuk seolah-olah mengiyakan apa pun yang diaktakan oleh presiden AS pertama yang beralmamaterkan SD Menteng ini.

Selain Obama, mash banyak tokoh terkenal yang menorehkan sejarah dunia. Mereka terkenal bukan karena kekayaan atau jabatan, melainkan karena kemampuan mereka dalam menginspirasi jutaan orang. Kemampuan inilah yang dinamakan dengan public speaking.

Selain Obama, masih banyak tokoh terkenal yang menorehkan atau sejarah dunia. Mereka terkenal bukan karena kekayaan atau jabatan, melainkan karena kemampuan mereka dalam hal menginspirasi jutaan orang. Kemampuan ini mungkin tidak dapat membuat kita melakukan hal yang sama seperti tokoh-tokoh terdahulu. Akan tetapi, hampir dipastikan, kemampuan ini mampu membawa kita memperoleh kekuasaan di berbagai bidang.

  1. Jenis-Jenis Public Speaking

Di Indonesia sendiri, masayarakat cenderung menghargai dan menerima seseorang yang mampu menyampaikan idenya dalam bahasa yang dimengerti oleh public. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan komunikasi, khusunya public speaking, menjadi kemampuan yang mutlak harus dimiliki setiap individu agar mampu bersaing di zaman yang semakin dinamis. Tujuan public speaking tidak terlepas dari tujuan komunikasi, yaitu menyampaikan pesan atau ide kepada public dengan metode yang sesuai, sehingga public bisa memahami pesan atau ide, kemudian memperoleh manfaat dari pesan tersebut.

Sehubungan dengan ini, seorang public speaking di tuntut mampu memilih metode yang tepat untuk menyampaikan pesannya. Metode public speaking yang dimaksud dibagi menjadi tiga jenis, yakni:

  1. Impromptu speech, artinya untuk menyampaikan gagasan, sesorang tidak perlu melakukan banyak persiapan. Dengan kata lain, seorang public speaking bekerja secara mendadak.
  2. Manuscript speech, artinya seseorang dapat melihat naskah saat menyampaikan gagasannya. Dalam hal ini, saya sertakan contoh naskah yang dapat dibaca oleh seorang perwakilan mahasiswa dalam penerimaan dan perpisahan mahasiswa KKP.
  3. Extemporaneous speech, artinya seseorang tanpa menggunakan naskah dapat menyampaikan gagasannya dengan lebih informative dan komunkatif. Dalam hal ini, pembicara bebas berimprovisasi.

 

  1. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Public Speaking

 

Berbicara merupakan bagian dari komunikasi. Jika umpan balik dalam proses komunikasi itu lebih bersifat positif, berarti penyampaian pesan    komunikator telah efektif. Dalam melakukan bicara di depan umum (public speaking) tidak selalu ada kata sepakat, namun   selalu tercapai pengertian yang sama, walau tidak setuju). Menurut Yuni Hartanta, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan public speaking, yakni:

  1. Perhatikan penampilan. Penampilan yang dimaksud disini adalah pakaian yang cocok dengan suasana dan aksesori yang digunakan (tidak norak). Kerapian dan keserasian saat mengenakan pakaian, sepatu, celana, jam tangan, cincin, dan lain-lain akan menambah kewibawaan dan bisa menyita perhatian.
  2. Perhatikan volume suara dan intonasi. Volume suara diatur sedemikian rupa, disesuaikan dengan ruangan. Prinsip dasarnya ialah semua peserta dapat mendngar dengan jelas. Intonasi yang dimaksud adalah bagaimana agar cara berbicara kita dapat tidak tampak datar. Bicara datar akan menjemukan pendengar, membosankan, dan membuat mengantuk.
  3. Luasnya wawasan, perbendaharaan kata, dan pengetahuan akan menambah sempurnanya public speaking. Semakin luas pengeathuan seseorang, menambah kewibawaan dan mantapnya bobot pembicaraan. Ikutilah berita di Koran atau televise mengenai hal yang sedang berkemabang. Perbanyaklah membaca, seringlah mnegikuti diskusi, dan lain-lain.
  4. Mengontrol waktu. Berbicaralah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Kita harus mampu mengatur dan mengontrol diri kita sendiri. Bicaralah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  5. Pola berpikir yang sistematis. Pola piker yang sistematis harus tercermin dalam pembicaraan. Untuk itu, buatlah rencana terlebih dahulu sebelum tampil. Apabila telah terbiasa, kita akan mampu berbicara walaupun mendadak dan tanpa persiapan. Akan tetapi, apa pun yang dipersiapkan terlebih dahulu, biasanya akan lebih baik ketimbang sesuatu yang tidak dipersiapkan.
  6. Pembicaraan yang konkret dan membumi. Pembicaraan konkret dan membumi yang dimaksud di sini adalah gaya bahasa dan contoh-contoh yang kita gunakan harus relevan dengan pendengarnya. Misalnya, pemilihan kata-kata untuk menjelaskan sesuatu di depan komunikasi tukang becak tentu lain dengan saat berbicara di depan mahasiswa.
  7. Sikap mental. Sikap mental juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam public speaking. Tetaplah pendengar, jangan grogi, dan sepulah pandangan mata secara bergantian. Penguasaan materi dan pengalaman biasanya akan menentukan penguasaan mental ini.

B. Pentingnya Public Speaking

Jika Anda masih bertanya, “pentingkah berbicara di depan public itu?” saya jawab dengan tegas, public speaking itu penting. Bahkan, sangat penting. Apa pun profesinya Anda, baik mahasiswa, pemimpin perusahaan, politikus, maupun orang biasa, perlu menguasai public speaking  dengan baik , ia berhasil menjadikan apple lcn., yang berawal dari garasi rumah menjadi perusahaan besar di dunia.

Nah, agar Anda semakin yakin dengan pentingnya keterampilan berbicara di depan public, berikut saya informasikan beberapa kegunaan atau urgensi public speaking, yaitu:

  1. Untuk menyampaikan ide secara sistematis dan runtut;
  2. Untuk mempengaruhi massa orang lain;
  3. Untuk menyampaikan dan mempertahankan pendapat;
  4. Untuk mengikuti sebuah diskusi dan rapat dengan baik;
  5. Untuk melakukan pidato di depan umum;
  6. Untuk menambah kepercayaan diri;
  7. Untuk menyampaikan sebuah presentasi;
  8. Untuk memimpin rapat, siding, dan diskusi;
  9. Untuk menambah kewibawaan dan citra diri;
  10. Untuk sarana pengembangan diri;
  11. Untuk sarana pembelajaran kepada orang lain; dan lain-lain.


Berdasarkan kegunaan public speaking tersebut, Anda dapat mulai memikirkan betapa pentingnya keterampilan berbicara di depan public itu. Memang, harus diakui, berbicara di depan public saat ini telah menjadi kebutuhan semua orang. Sebab, di era kompetisi yang serba cepat seperti sekarang ini, semua profesi menuntut kita untuk dapat berbicara di depan publik dan melakukan presentasi dengan baik. Karena tulisan saja tak cukup kuat untuk berkata-kata, maka kemampuan berbicara menjadi sangat penting. Ia dapat menguatkan arti dari sebuah tulisan.

Karena sifatnya yang dinamis, maka public speaking adalah aktivitas yang sangat dekat dengan asosiasi kata change atau “ perubahan”. Melalui public speaking, Anda dapat mengetahui gagasan masa depan seseorang, dan ide-ide luar biasanya. Anda juga dapat mengetahui ‘perubahan” yang digagas seseorang. Begitu pula sebaliknya, jika Anda yang menjadi public speaker (presentator), gagasan dan ide-ide cemerlang Anda dapat diketahui dan diapresiasi oleh orang lain. Di sinilah letak pentingnya penguasaan teknik berbicara di depan public.

Alasan penting lainya mengapa public speaking penting dikuasai adalah kemampuan ini dapat membantu membangun  karier seseorang. Sebuah penelitian membuktikan bahwa sebagian besar perusahaan menjadikan kemampuan public speaking sebagai kriteria tertinggi dalam menilai calon pelamar kerja. Terlebih lagi, di masa kini, pengetahuan bukanlah segalanya untuk mencapai sebuah kesuksesan. Orang dengan pendidikan tinggi belum tentu mudah diterima bekerja di suatu perusahaan apabila tidak mampu berkomunikasi dengan baik di depan umum.

C. Tujuan Public Speaking

Lalu, tahukah Anda tujuan mempunyai kemampuan berbicara di depan public? Mengingat begitu pentingnya public speaking, tentu teknik berbicara di depan public ini memiliki tujuan-tujuan tertentu yang penting pula. Untuk itu, sebelum Anda berbicara di depan public, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi tujuannya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menyusun materi dan menentuan cara penyampaian yang tepat.

Membuat Rizal Surplus dalam www. Surplusindonesia.com, ada beberapa macam tujuan public speaking seseoarang pembicara sebelum tampil di depan public speaking seorang pembicara sebelum tampil, yakni:

1. Mempengaruhi, pada umumnya, public speaking digunakan pembicara untuk mempengaruhi audiens agar mengubah pikirannya. Profesi ini sering dilakoni oleh sales produk tertentu. Contoh, di tempat keramaian ada seseorang penjual alat kesehatan yang melakukan demonstrasi tentang cara penggunaan alat tersebut. Tidak hanya itu, ia juga memberikan penjelasan secara detail mengenai manfaat yang didapat jika membeli alat tersebut. Tidak jarang, orang yang awalnya sekadar ingin tahu, menjadi tertarik membeli alat kesehatan yang diperagakan sales tesebut. Si pembicara yang mahir dalam mempengaruhi audiens, biasanya melihat keahlian bicara yang menyakinkan dan persuatif.
 
2. Public speaking juga berguna memberika informasi kepada public. Berdasarkan kepentingan, informasi dibagi menjadi dua, yakni pengumuman dan berita penting. Contoh, jika Anda pergi ke took buku, biasanya ada petigas yang memberikan informasi melalui pengeras suara mengenai judul buku terbaru di took tersebut atau seorang pejabat yang memberikan informasi secara resmi mengenai kenaikan tariff dasar listrik kepada masyarakat melalui televise.
 
3. Mayoritas orang senang dihibur. Itulah kenapa public speaking saat ini sering digunakan untuk menghibur masyarakat. Anda bisa menyaksikan semakin banyaknya acara televise yang menyuguhkan acara hiburan, seperti lawak, talk show, dan pertunjukan komedi. Comedian baru pun bermunculan dengan ciri khas sendiri-sendiri. Atau, saat ini, muncul game baru dalam dunia hiburan, yaitu stand up comedy, di mana ada satu orang yang berbicara di depan orang banyak dengan tujuan membuat audiens tertawa. Ketika tampil di panggung, Anda bisa menggunakan humor, baik melalui cerita lucu. Bahasa tubuh, maupun ekspresi muka. Hal tersebut akan memperkecil gap antara Anda dengan audiens.

4. Apakah Anda pernah mengikuti training motivasi? Di sana, Anda menyaksikan si pembicara memotivasi para audiens dengan suara lantang dan menggebu-gebu. Para audiens yang awalnya loyo menjadi semangat. Mereka seperti mendapatkan inspirasi baru untuk memulai hari yang baru. Ya, Anda bisa menggunakan public speaking untuk memotivasi anak buah, pegawai, klien, maupun masyarakat umum.

5. Public speaking bisa digunakan untuk mengubah keadaan maupun suasana. Misalkan, saat terjadi bencana kerja yang menyebabkan semua orang panic, maka public speaking dapat digunakan untuk menenangkan keadaan. Atau, suasana pertemuan yang pertama sepi menjadi ramai karena ada pembicara yang mampu menghidupkan suasana, baik melalui cerita materi, maupun cara penyampaiannya.

Itulah beberapa tujuan dari public speaking. Berdasarkan tujuan-tujuan tersebut, maka sebelum Anda melakukan public speaking, sebaiknya tentukan tujuan Anda berbicara di depan public speaking, sebaiknya tentukan tujuan Anda berbicara di depan public terlebih dahulu. Hal tersebut sangat membantu Anda dalam mencari bahan materi maupun gaya penyampaian yang tepat dengan tujuan Anda.

Ikutilah Kelas Public Speaking Di Jakarta
Tags

Leave a reply