Strategi Menulis Persuasif

Strategi Menulis Persuasif
October 4, 2019 Comments Off on Strategi Menulis Persuasif Belajar Menulis Support Upgradediri.Com

Strategi Menulis Persuasif Yang Mendapat Perhatian Pembaca dan Memberikan Anda Hasil

Sebagai seorang penulis, Anda memiliki tantangan untuk berkomunikasi tanpa umpan balik dan tanpa manfaat dari karakteristik suara, ekspresi wajah atau bahasa tubuh. Wow! Itu benar-benar mengubah aturan, bukan?

Apa artinya ini adalah Anda harus memahami pembaca Anda dan mengantisipasi reaksi mereka terhadap setiap kata yang Anda tulis. Anda perlu membuat kata-kata Anda menjadi hidup dalam pikiran pembaca untuk mengimbangi ketidakmampuan mereka untuk mendengar suara Anda atau melihat tubuh Anda. Lebih lanjut tentang ini dalam beberapa saat.

Oke, jadi Anda ingin menulis sesuatu, apa salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan (tidak mengambil pena)? Anda harus menentukan hasil yang diinginkan … yaitu, cari tahu apa yang ingin Anda capai. Tentu ini tampak mendasar, tetapi berapa banyak artikel, kertas putih, email, surat, bahkan iklan yang pernah Anda lihat yang tidak memiliki fokus atau arah? Sepertinya penulis baru saja duduk dan muntah di atas kertas. Intinya, tentukan apa yang ingin Anda capai. apakah Anda mencoba menyampaikan ide, memengaruhi keputusan, menyampaikan informasi, atau menggerakkan orang untuk bertindak? Bagaimana ini akan memengaruhi pesan Anda? Anda harus memutuskan hasil yang Anda inginkan di muka.

Pertanyaan selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah “siapa audiens Anda?” maksud saya adalah, Anda perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini: “Apa keinginan, keinginan, kebutuhan pembaca, karakteristik, masalah, masalah pembaca saya? Apa yang perlu saya ketahui untuk membantu memengaruhi mereka?” jika Anda menulis kepada seseorang maka pahami orang itu, jika menulis ke suatu kelompok maka pahami karakteristik umum untuk kelompok itu. Jika bagian dari pengaruh adalah untuk menarik keinginan (dan itu adalah) maka mengetahui pembaca Anda (s) adalah bagian dari persamaan keinginan.

Satu langkah yang sering gagal dipertimbangkan orang adalah dampak dari media penulisan. Ada dua elemen untuk media. Salah satunya adalah kemasan. Apakah komunikasi Anda elektronik atau di atas kertas? Apakah itu e-mail, posting forum, buletin, surat kertas, buku cetak, artikel majalah atau yang lainnya? bagaimana itu akan didistribusikan, apakah itu akan e-mail, situs web, layanan pos, selebaran, dalam paket, dll. Pertimbangkan bagaimana masing-masing akan mempengaruhi persepsi pembaca. Apakah tulisan Anda hanya satu dari banyak pesan yang diterima pada saat yang sama atau akankah pembaca hanya menerima pesan Anda? di mana pembaca akan, kapan, dan dalam kerangka pemikiran apa dia akan berada ketika komunikasi tertulis Anda diterima?

Apakah ini lebih banyak pekerjaan daripada yang Anda harapkan sebelum Anda bahkan memulai garis besar? baik, jika Anda benar-benar ingin bersikap persuasif, langkah-langkah ini penting dan upaya akan membuahkan hasil.

Pada titik ini, Anda tahu apa yang ingin Anda capai, Anda tahu sedikit atau banyak tentang latar belakang pembaca, dan Anda tahu media yang akan Anda gunakan untuk komunikasi tertulis. sekarang saatnya menentukan apa pesan Anda. Ini benar-benar keseimbangan antara apa yang ingin Anda sampaikan dan apa yang perlu dibaca oleh pendengar untuk diyakinkan ke arah yang ingin Anda bujuk. jika Anda tidak memikirkan pesan Anda dalam hal yang dapat diterima oleh pembaca Anda, usaha Anda akan tenggelam lebih cepat daripada batu berat di genangan air.

Selanjutnya Anda bisa meletakkan garis besar. Ada banyak formula untuk diikuti yang dapat memberi Anda kerangka kerja. Berikut adalah lima yang dapat digunakan secara individu atau dalam kombinasi:

1. Formula copywriting yang umum adalah AIDA (perhatian – seperti judul utama yang menarik), minat (tangkap dan jaga minat pembaca), hasrat (bangun hasrat), dan tindakan (gerakkan pembaca untuk bertindak).

2. Formula lain yang digunakan dalam penjualan adalah Model SPIN Neil Rackham.itu adalah S (pahami Situasi – sebagai penulis Anda bisa menggambarkan situasi dengan cara yang membuat pembaca berhubungan dengan perspektif persuasi Anda mungkin dengan menarik keinginan – terutama yang tidak terpenuhi), P (mengidentifikasi masalah), I (tunjukkan implikasi masalah), dan N (pimpinpembaca untuk menyadari bahwa dia membutuhkan apa yang Anda bujuk).3. Studi kasus bisa sangat efektif untuk mempengaruhi. Model sederhana berfungsi dengan baik. Masalah – Tindakan – Hasil: nyatakan masalah (dan implikasinya), sediakan tindakan yang diambil untuk menyelesaikan masalah, dan kemudian gambarkan hasil yang dicapai (dan kaitkan dengan pembaca).

4.pisahkan tulisan Anda menjadi bidang topik utama (ini mungkin berarti pesan atau informasi) dan kemudian miliki beberapa peluru untuk mendukung masing-masing. Pastikan materi Anda memiliki alur logis (biasanya, ini bisa secara kronologis, di sepanjang garis logika argumen Anda, atau dalam serangkaian langkah).

5. Gunakan metafora / cerita di mana karakter dan situasi mencerminkan orang dan situasi yang Anda coba untuk pengaruhi. Ini adalah cara yang bagus untuk membiarkan pembaca sampai pada kesimpulan “benar” sendiri.

Pada titik ini, sekarang saatnya untuk mulai menulis, jadi …

BERHENTI! SEKARANG!
Oke, teruslah membaca. Saya hanya ingin menyampaikan maksud. Anda ingin mendapatkan perhatian pembaca dengan cepat di muka. Ada banyak cara melakukan ini. Itu bisa berupa klaim yang berani, sesuatu yang aneh, janji besar, pernyataan yang menciptakan rasa ingin tahu atau pernyataan yang menyoroti masalah besar. semua ini terkait dengan pembaca dalam beberapa cara.

Sebuah contoh yang bagus dari kalimat awal yang benar-benar menangkap imajinasi adalah di awal buku Charles Dickens A Tale of Two Cities: “Itu adalah saat terbaik. Itu adalah saat terburuk.” Apa yang muncul dalam pikiran Anda? berikut ini adalah baris subjek e-mail yang fantastis dari Jason Potash (genious marketing internet sejati): “Pemasar Top Mendapat Penghargaan di Kamar Mandi Umum …” Tidakkah Anda ingin mencari tahu lebih banyak? Saya yakin melakukannya dan segera membukanya dan membaca dengan baik.

Anda juga ingin segera memastikan bahwa apa yang Anda tulis relevan dengan pembaca. .ada enam hal yang akan dicari oleh pembaca dan semuanya disimpulkan oleh puisi kecil Rudyard Kipling: “Saya memelihara enam orang yang melayani dengan jujur, mereka mengajari saya semua yang saya tahu, nama-nama mereka adalah apa dan mengapa dan kapan … dan bagaimana dan di mana dan siapa. ” tidak perlu banyak untuk mendapatkan keenam item utama ini di awal tulisan Anda. Seringkali itu dapat dengan mudah dilakukan hanya dalam satu kalimat. jika Anda ragu, lihat saja koran Anda dan baca paragraf pertama dari beberapa artikel, atau lihat kalimat pertama dari novel yang bagus.

Tantangan Anda adalah membuat apa, mengapa, kapan, bagaimana, di mana, dan siapa yang berkaitan dengan minat pembaca. berikut adalah contoh yang ditargetkan untuk seseorang yang tertarik pada persuasi “:” Menguasai seni persuasi (apa) dapat membuat Anda (yang) kaya melampaui impian terliar Anda (mengapa) hanya dalam beberapa tahun singkat (kapan) jika Anda hanya akan berkomitmen untuk berlatih ini mempengaruhi keterampilan selama 45 menit sehari (bagaimana) yang dapat terjadidilakukan dalam kenyamanan rumah Anda ketika Anda memiliki beberapa menit luang untuk menulis (di mana)Bangun kredibilitas, sedini mungkin jika memungkinkan. Anda dapat menggunakan bukti sosial dengan menyebutkan dukungan, aliansi dengan orang-orang yang dihormati, dan testimonial. Anda dapat menggunakan kekuatan otoritas dengan menyebutkan penunjukan profesional Anda, lisensi, sertifikasi dan kredensial lainnya. jika sesuai, sebutkan penunjukan di sebelah nama Anda di bawah judul (misalnya “oleh John Doe, PhD, MD”). Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dalam membunyikan klakson Anda sendiri. Sebagai contoh, saya mungkin menyebutkan sesuatu seperti “saat melakukan penelitian dalam persuasi untuk tesis doktoral saya, saya menemukan …”ini memberitahu Anda beberapa hal, saya seorang PhD atau bekerja untuk doktor saya (yang terakhir benar dalam kasus saya), dan saya ahli dalam persuasi.

Mengutip fakta dan statistik dengan referensi untuk mendukung semuanya dapat membantu kredibilitas. Jika mengutip angka, semakin spesifik Anda, semakin kredibel. misalnya, jika membahas komunikasi non-verbal sebagai faktor kunci dalam komunikasi, Anda dapat mengatakan “menurut studi penelitian yang dilakukan di UCLA, 93% komunikasi adalah non-verbal.”

Penelitian telah menunjukkan kepada kita bahwa studi kasus bahkan lebih efektif daripada fakta dalam membangun kredibilitas dan membujuk. seperti disebutkan sebelumnya, metode studi kasus yang hebat adalah Masalah – Tindakan untuk menyelesaikan masalah – hasil yang dicapai.

Apakah Anda benar-benar ingin pembaca Anda selesai membaca apa yang Anda kerjakan dengan susah payah untuk ditulis? Kamu tidak kamu? LALU TETAPI TERTARIK. Bagaimana? baik, saya sudah menyebutkan satu teknik kunci dan itu adalah untuk membangun relevansi sejak awal.

Apakah Anda ingin mempelajari salah satu rahasia terbesar untuk menulis persuasif? Apakah kamu benar-benar? Ini dia. Persiapkan dirimu. MENGAJUKAN PERTANYAAN. Mengajukan pertanyaan memaksa pembaca untuk memikirkan jawaban. pertanyaan membuka “lemari arsip mental” dalam pikiran pembaca. Anda dapat memimpin pembaca dengan pertanyaan. Anda bisa membuat pembaca mempertimbangkan masalah-masalah utama. Anda dapat memanfaatkan emosi. Anda dapat mengajukan pertanyaan sederhana kepada pembaca yang membutuhkan komitmen mental kecil terkait dengan apa yang ingin Anda pengaruhi dan kemudian mengetuk keinginan untuk tetap konsisten dengan komitmen sebelumnya ketika meminta pembaca mempertimbangkan sesuatu yang lebih besar.

Selanjutnya, ketuk emosi pembaca. Anda dapat melakukan ini dengan sebuah cerita atau metafora yang kemungkinan menyentuh hati seseorang atau memicu ingatan akan pengalaman pembaca yang serupa. Lihat buku “Chicken Soup for the Soul” untuk ide-ide cerita yang luar biasa.

Cara lain untuk memicu emosi adalah meminta pembaca untuk mengingat pengalaman masa lalu. BERHENTI untuk yang kedua. Dapatkah Anda mengingat saat ketika Anda mencapai sesuatu yang sangat penting, sangat penting? Apakah Anda ingat betapa enak rasanya? Kegembiraan? Rasa pencapaian? sekarang bayangkan menggunakan strategi persuasi tertulis ini dengan sukses untuk pertama kalinya dan sadari bahwa inilah yang akan Anda rasakan sekarang.

Apa yang baru saja saya berikan kepada Anda adalah contoh memanfaatkan emosi pembaca (mudah-mudahan saya memanfaatkan emosi Anda – hal ini benar-benar luar biasa dan Anda akan merasakan kebanggaan dan prestasi luar biasa ketika Anda mempelajarinya).

Cat representasi mental yang jelas untuk pembaca yang membuat indera menjadi hidup. Ini akan membantu pembaca Anda mengingat apa yang dikatakan dan akan menghidupkan pesan Anda di benak pembaca. jika Anda menjual properti di tepi pantai, Anda mungkin mengatakan sesuatu seperti “bayangkan melangkah keluar dari pintu belakang Anda ke pasir yang hangat dan memandang matahari terbenam oranye yang cerah, merasakan angin hangat di wajah Anda saat burung camar terbang di atas kepala, dan kemudian berjalan di sepanjang pantai, mengambil bau khusus dariudara asin, menyaksikan air biru yang dalam membentuk gelombang raksasa yang memecah sepanjang pantai sejauh mata memandang … “

Ingat bagaimana saya berjanji untuk membagikan kepada Anda salah satu rahasia terbesar penulisan yang sukses? Baiklah, saya akan memberikan rahasia ini kepada Anda segera, tetapi pertama-tama … Anda perlu tahu bahwa CURIOSITY adalah salah satu cara terbaik untuk membuat pembaca Anda tetap terlibat dan tertarik. Saya mendengarkan program audio oleh pemasar hebat Joe Vitale. Dia memulai dengan sesuatu seperti “Anda ingin tahu dua berita utama terbesar yang pernah ditulis?” Kemudian dia menyebutkan satu, tetapi tidak pernah yang kedua. Saya terus mendengarkan audio demi audio untuk tajuk besar kedua itu. dia membuat saya ketagihan. Buat rasa ingin tahu dengan pertanyaan dan pernyataan yang membuat pembaca bertanya-tanya apa jawabannya atau bertanya-tanya apa yang terjadi.

Gunakan pola pengaruh linguistik dalam tulisan Anda. Ini adalah hal-hal seperti anggapan. sebuah contoh adalah “Anda akan terkejut menemukan bagaimana Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang daripada yang Anda perkirakan.” Salah satu anggapan di sini adalah bahwa Anda akan menghasilkan uang.

Pola lain adalah ikatan tunggal. contohnya adalah “Semakin Anda mempertanyakan kemampuan Anda untuk mempengaruhi dengan teknik-teknik ini, semakin Anda akan menyadari betapa efektifnya mereka.” Di sini, Anda mempertanyakan kemampuan Anda untuk menggunakan teknik-teknik dan menemukan mereka efektif atau Anda merasa mereka efektif di muka. apa pun yang Anda rasakan efektif. Agak aneh, ya? Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang pola bahasa dengan mempelajari kursus NLP yang layak.

Sekarang saya akan mengambil risiko dimarahi dari setiap Guru Bahasa Inggris di luar sana dengan pernyataan saya berikutnya. lupakan tata bahasa dan tanda baca yang sempurna, komunikasikan dengan pembaca Anda dengan cara yang sama seperti Anda akan berbicara dengan mereka, cara yang sama Anda akan berbicara dengan seseorang yang berdiri tepat di depan Anda. Saat ini, tulisan saya sedang berbicara kepada Anda. mungkin ada ratusan orang lain yang membaca artikel ini, bahkan mungkin ribuan, tetapi ketika Anda membaca ini, saya ingin Anda tahu saya berbicara kepada Anda.

Jika Anda menjadi kreatif dengan tanda baca Anda, Anda dapat melakukan hal-hal luar biasa untuk mengarahkan ritme tulisan Anda, membuat jeda, untuk menekankan poin-poin penting dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan huruf besar, tebal, miring dan warna untuk menekankan poin-poin penting. Anda dapat menggunakan koma, titik dua, titik dua, tanda hubung, atau “…” untuk membuat jeda. Anda dapat menggunakan tanda kurung untuk menempatkan sub-ide atau penjelasan dalam sebuah kalimat dan banyak lagi. Manfaatkan tanda baca. Ini cara yang bagus untuk memberi pembaca perasaan tentang bagaimana tulisan Anda akan diucapkan.

ini ada sesuatu yang sangat keren. Banding dengan keinginan inti universal pembaca. Anda mungkin atau mungkin tidak mengenal pembaca pribadi Anda. Jika tidak, akan sulit untuk menulis sesuai keinginan mereka. Tetapi, Anda dapat menarik keinginan inti universal (inilah keinginan yang dimiliki setiap orang). keinginan universal termasuk reproduksi / seks, makanan, dan kekuasaan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan mempelajari kursus hebat Kevin Hogan “Hipnosis Terselubung” yang ia diskusikan secara terperinci masing-masing dari 16 keinginan dasar yang diidentifikasi oleh Dr. Steven Reiss.

Membangun nilai informasi yang Anda bagikan. misalnya, jika sebuah ide yang Anda berikan dapat memberi pembaca $ 20.000 tambahan dalam penjualan dalam 12 bulan mendatang, katakan demikian. jika Anda harus menghabiskan ribuan jam untuk melakukan penelitian, investasikan ribuan dolar untuk membeli kursus dan bahan referensi, jika Anda harus berjalan enam mil ke atas bukit dengan cara bertelanjang kaki di salju untuk sampai ke perpustakaan untuk melakukan penelitian itu (OK hanya bersenang-senang dengan Anda) beri tahu pembaca apa yang diperlukanberikan informasi.ini menciptakan nilai.

Ada banyak lagi yang bisa saya bahas, tetapi ini adalah artikel bukan buku. Izinkan saya membagikan kepada Anda salah satu rahasia sukses menulis yang paling kuat (ingat, yang saya janjikan sebelumnya). Mungkin mengejutkan Anda. Sederhana saja. Mungkin mengecewakan Anda jika Anda menganggapnya terlalu enteng. tetapi saya bisa menjanjikan ini kepada Anda, hampir setiap penulis yang sukses akan setuju bahwa apa yang akan saya sarankan sangat penting. Ini dia. Apakah kamu siap? Ketika Anda siap untuk menulis, HANYA MULAI MENULIS DAN JANGAN KHAWATIR TENTANG RINCIAN ATAU MENDAPATKANNYA SEMPURNA.

mungkin penghalang terbesar untuk menulis persuasif adalah bahwa kebanyakan orang berhenti sebelum mereka mulai atau begitu mereka mulai, mereka terus berhenti dan berusaha membuat setiap kata dan kalimat menjadi sempurna … dan tidak pernah selesai. Jadi, lakukan saja. Persiapkan dan kemudian ketika Anda duduk untuk menulis, biarkan mengalir. Anda dapat kembali dan mengedit nanti. Bahkan, banyak penulis yang baik menggunakan daftar periksa untuk kembali dan meninjau apa yang telah mereka buat. Tetapi pertama-tama Anda hanya perlu menyampaikan apa yang Anda katakan di atas kertas. jangan khawatir tentang detailnya, jangan khawatir tentang fakta yang hilang (Anda bisa menemukannya nanti), jangan khawatir tentang referensi (Anda juga bisa menemukannya nanti) dan jangan khawatir tentang tata bahasa.

Nah teman-teman, bahwa tentang mengakhiri sesi penulisan yang terlalu bertele-tele ini. jelas, ada banyak, lebih banyak untuk menulis persuasif, tetapi mudah-mudahan, saya telah memberi Anda kerangka dasar untuk membuat tugas menulis Anda lebih mudah dan karya tulis Anda lebih efektif.

Oleh: Stevanino Ottoman, CT, C. Master NLP Practitioner

Tags